Pemkot Bandung Klaim Siap 100 Persen Adakan UNBK

Kategori:

Ilustrasi program pendidikan Foto: Pixabay

BANDUNG, bandungkiwari – Tahun 2020 ini akan menjadi tahun terakhir bagi siswa SMP dan SMA sederajat untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung pun melakukan beberapa persiapan terkait pelaksanaan UNBK di Kota Bandung.

“Pertama, persiapan infrastruktur untuk mendukung Kota Bandung bisa UNBK semua,” ujar Sekretaris Disdik Kota Bandung Cucu Saputra, saat ditemui di Disdik Kota Bandung, Jumat (13/3).

Ia pun memastikan, pada tahun 2020 ini, seluruh peserta didik di Kota Bandung dapat melaksanakan UN dengan berbasis komputer. “Tahun ini Kota Bandung 100 persen bisa UNBK semua, baik negeri maupun swasta,” ujar Cucu.

Selain itu, Disdik Kota Bandung juga melakukan persiapan dari sisi teknis maupun konten. “Sisi teknis bisa jadi ada beberapa sekolah yang nanti anak-anak kita belum pernah UNBK, tiba-tiba pas waktunya kaget kan” tutur Cucu.

Sementara, dari segi konten, para siswa dipersiapkan untuk memahami gambaran materi yang akan diujikan. “Semuanya kita kemas dalam bentuk uji coba mandiri. Tidak bergandengan dengan bimbel atau pihak kepentingan, dan tidak dipungut biaya,” ujar Cucu.

Dilansir dari situs resmi UNBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), UNBK untuk tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan pada 20-23 April 2020, dengan urutan mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Ujian susulan akan dilaksanakan pada 29-30 April 2020.

Adapun untuk tingkat SMK, UNBK akan dilaksanakan pada 16-19 Maret 2020, dengan urutan mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Bagi peserta didik yang berhalangan mengikuti UNBK dapat mengikuti ujian susulan pada 7-8 April 2020.

Siswa tingkat SMA/MA akan melaksanakan UNBK pada 30 Maret-2 April 2020, dengan mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, serta satu mata pelajaran jurusan yang diujikan. Jadwal ujian susulan tingkat SMA/MA sama dengan SMK, yaitu tanggal 7-8 April 2020. (Assyifa)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tag: , , , ,