Dinkes Kota Bandung Pantau 8 Orang Terkait Covid-19

Kategori:

Ilustrasi (pixabay.com)

BANDUNG, bandungkiwari – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung saat ini tengah melakukan pemantauan terhadap delapan warga Kota Bandung terkait Corona Virus Disease (Covid)-19.

Sebelumnya, data yang diterima oleh bandungkiwari.com, terdapat 24 orang dalam pemantauan (ODP) pada Selasa (3/3). Kemudian, pada Senin (9/3), 20 orang dinyatakan sudah menyelesaikan masa 14 hari inkubasi.

“Pemantauan itu delapan orang. Sudah beres 20, sisa empat dan masuk lagi empat,” ujar Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita, di Bandung, Jumat (13/3).

Menurutnya, empat orang yang baru ditetapkan sebagai ODP tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit. “Cuma ada kontak,” katanya.

Meski begitu, Rita menyatakan, delapan orang tersebut dalam kondisi baik. “Kondisi bagus, karena kan pemantauan kita pantau oleh petugas survailance ke rumah masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hingga saat ini masih mengizinkan penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti Car Free Day (CFD) maupun Asia Afrika Festival (AAF).

“Sampai hari ini belum sampai ke situ (menutup),” ujar Walikota Bandung, Oded M. Danial.

Oded menambahkan, akan terus memperbarui informasi dan melihat perkembangan kasus Covid-19 ke depannya guna pengambilan kebijakan terkait peniadaan kegiatan yang melibatkan massa.

Sebelumnya, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung akan mengkaji kegiatan yang harus melibatkan banyak orang.

“Memang di beberapa tempat, acara-acara yang akan melibatkan orang banyak itu sudah ditinjau. Ini kan kita lihat juga,” tutur Yana.

Ia juga mengatakan, saat ini sudah terdapat beberapa prosedur maupun sarana yang harus disiapkan di ruang publik yang ada di Kota Bandung.

“Minimal dicek suhu begitu mau masuk, terus disyaratkan mereka harus menyiapkan hand sanitizer, kemudian sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang cukup,” lanjut Yana. (Assyifa)

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp