9 Warga Jabar Masih Jalani Karantina di Kepulauan Natuna

Kategori:

Ilustrasi (pixabay.com)

BANDUNG, bandungkiwari – Sebanyak 245 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi di Wuhan China, telah dievakuasi kembali ke Indonesia, Minggu (2/2). Mereka dikarantina guna observasi kesehatan selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dari 245 WNI tersebut, ada 9 warga Jawa Barat yang turut dikarantina. “Mayoritas mahasiswa,” ujarnya, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Selasa (12/2).

Pria yang kerap disapa Emil tersebut mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil akhir dari pemeriksaan tersebut. “Kalau (informasi) terakhir juga negatif (virus corona). Sehingga, setelah lewat 14 hari sudah bisa kembali ke keluarga masing-masing di Jawa Barat,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani. “Diharapkan seperti itu, langsung pulang ke daerahnya masing-masing,” ujarnya, di RSHS Bandung, Selasa (12/2).

Menurut Berli, masyarakat nantinya tak perlu khawatir untuk berinteraksi dengan sembilan orang yang menjalani karantina tersebut. Pasalnya, mereka telah menjalani prosedur kesehatan yang sesuai.

“Dia sama sekali tidak ada kontak dengan pihak luar (saat observasi). Hanya kontak dengan petugas,” ucap Berli.

Berli menambahkan, saat ini para WNI tersebut sudah mendekati akhir dari masa inkubasi. “Ini kan sekarang sudah mendekati 14 hari kalau tidak salah,” katanya.

Hingga hari ini, Jawa Barat dinyatakan masih terbebas dari Covid-19. Sebelumnya, terdapat empat pasien yang harus mendapatkan perawatan di RSHS Bandung dan Rumah Sakit Paru Rotinsulu karena diduga terjangkit Covid-19.

“Mudah-mudahan berlangsung seperti ini terus, artinya kita Jawa Barat dan seluruh Indonesia mudah-mudahan tidak ada yang positif,” ujar Berli. (Assyifa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.