Tasya Kamila Ikut Tanam Pohon di Bandung Utara

Kategori:

Tasya Kamila turut hadir pada acara penanaman pohon di kawasan Bandung Utara (Foto-foto: Ananda Gabriel)

Tasya Kamila turut hadir pada acara penanaman pohon di kawasan Bandung Utara (Foto-foto: Ananda Gabriel)

BANDUNG, bandungkiwari – Ada yang berbeda pada acara penanaman pohon di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (9 Desember 2019) siang. Suasana di salah satu kawasan Bandung Utara itu bertambah meriah saat artis sekaligus duta lingkungan, Tasya Kamila hadir dan menyanyikan lagu bertemakan lingkungan. Kehadirannya di atas panggung membuat acara penanaman pohon menjadi riuh.

Tak hanya bernyanyi, Tasya juga turut memberikan bibit pohon kepada perwakilan kelompok tani. Menurut artis berusia 26 tahun itu, kegiatan menanam pohon merupakan salah satu tugas kampanyenya sebagai duta lingkungan hidup.

Namun Tasya berharap kegiatan ini bukan sebatas seremonial. “Kita menitipkan pohon-pohon ini yang sudah kita tanam ke masyarakat supaya bisa diurus, dirawat, ditanam dengan baik supaya bisa menyelamatkan DAS Citarum,” katanya.

Dia mengajak masyarakat yang tinggal di sekitar DAS Citarum untuk mau berpartisipasi menanam pohon. “Kepada masyarakat semua, kita mau menggalakkan pemulihan DAS Citarum. Jadi bagi masyarakat yang ada disekitar DAS, kita jaga lahannya dengan menanam dan pelihara pohon,” ujarnya.

Pelantun lagu anak “Libur Telah Tiba” itu memang didapuk sebagai duta lingkungan hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak tahun 2005. Status ini, kata dia, cukup menantang terutama saat berkaitan dengan perilaku masyarakat yang tadinya hanya memikirkan diri sendiri, memikirkan kepraktisan dan keuntungan ekonomis tapi kurang perduli terhadap lingkungan.

“Tantangan paling berat sebenarnya aku dari 2005 jadi duta lingkungan adalah kerjanya sosialisasi, mengingatkan masyarakat. Karena tugas itu semua tidak bisa dilakukan secara instan,” ujar istri Randi Bachtiar ini.

Tugas sebagai ibu satu anak tidak membuat Tasya menyurutkan aktivitasnya sebagai duta lingkungan. Bahkan dia mengajak putranya, Arrasya Wardhana Bachtiar, ke acara penanaman pohon ini.

Menurut Tasya putranya yang baru berusia enam bulan itu masih belajar bergerak. Namun Tasya berharap anaknya kelak bisa mengikuti jejaknya untuk mencintai lingkungan. “Dengan aku ajak ke kegiatan-kegiatan seperti ini, ke alam bebas, ikutan menanam juga. Semoga suatu saat nanti dia juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, kepedulian terhadap alam seperti aku,” kata Tasya. (Ananda Gabriel)

Leave a Reply

Your email address will not be published.