Pipa Pertamina Terbakar, Tol Purbaleunyi Ditutup

Kategori:

Foto: istimewa

BANDUNG, bandungkiwari – Petugas dari Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) bersama Jasa Marga menutup sementara jalur tol Purbaleunyi di Kilometer 130, Selasa (22/10). Penutupan ini dilakukan akibat kebakaran pipa yang menyalurkan BBM milik PT. Pertamina.

Peristiwa kebakaran ini terjadi di area Kampung Mancong RT 02 RW 01, Kelurahan Melong, Kota Cimahi, Jawa Barat, tepatnya di pinggir jalan tol Padalarang – Buah Batu KM 130, Selasa siang.

“Kami imbau warga untuk menghindari jalur tol dan menggunakan jalur arteri untuk menghindari Kilometer 130,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko.

Karena lokasi kebakaran berada dekat dengan Jalan Tol Purbaleunyi Kilometer 130 Pasirkoja – Pasteur, maka petugas melakukan rekayasa lalu lintas dari dua arah baik Jakarta-Cileunyi maupun sebaliknya.

“Kendaraan dari arah Cileunyi menuju Jakarta akan menggunakan lajur lambat. Sementara yang mau mengarah ke Cileunyi di situ kan ada U Turn, nanti belok untuk keluar di Tol Pasteur,” ujarnya.

Trunoyudo menambahkan, rekayasa ini juga dilakukan guna memudahkan petugas pemadam kebakaran melakukan proses pemadaman. Hingga saat ini petugas pemadam kebakaran masih berupaya untuk memadamkan api dan melakukan pemblokiran agar api tidak menyebar.

Senada dengan Trunoyudo, Humas Jasa Marga Tol Purbaleunyi Nandang Elan mengimbau warga untuk menghindari jalan tol dan gunakan jalur arteri karena terjadi kepadatan arus lalu lintas imbas dari kebakaran di kawasan Melong ini.

“Untuk warga yang ingin putar balik silakan dan pas keluar jangan menempelkan kartu e-tollnya. Nanti ditangani petugas. Karena kalau ditempelkan dan memiliki saldo yang cukup nanti terdebet yang cukup besar. Jadi silakan sampaikan kepada petugas bahwa anda putar balik,” ujarnya. (Ananda Gabriel)

Leave a Reply

Your email address will not be published.